Singkatan Gaul Untuk Kebutuhan Bersosial Media

Dokumen Pribadi
FYI aja sih ya, maaf OOT!

Zaman telah berubah. Seiring majunya teknologi, sekarang apapun bisa. Kecuali yang mustahil. Apapun ada. Katanya sih di Tokped semua ada,Tapi aku mau terkenal di Sosmed kok gak bisa? Hamboh lah. Bahkan sekarang tanpa tirakat dan belajar susah payah, mungkin secara otodidak setiap orang bisa hidup di dua dunia. Bukan dunia Nyata dan dunia Gaib. Juga bukan di darat dan laut. Tapi dunia Nyata dan dunia Maya alias Media Sosial.

Media Sosial dan segala daya pikatnya, dapat menarik jutaan umat manusia untuk secara sukarela masuk kedalamnya. Karena jika dipikir-pikir, sifat Media Sosial ini seperti Cermin Cembung: Maya, tegak, dan diperkecil. Maya karena Media Sosial adalah dunia Maya. Sementara tegaknya ini, bisa iya bisa tidak. Karena banyak orang yang di dunia nyata begini di Media Sosial begitu. Contohnya Mukidi yang mukanya biasa saja, bisa saja kok di Media Sosial menjadi Lee Min Ho. Diperkecil juga merupakan Media Sosial banget. Karena informasi yang ada di ujung dunia sana, sekejap bisa langsung ada di genggaman pengguna Media Sosial yang ada di ujung lainnya. Seakan-akan dunia ini hanya sebesar daun Kelor. Selain ada alasan khusus lain orang bermain Media Sosial, mungkin 3 alasan tadi yang utama.

Untuk menunjang kehidupan Medsos anda yang lebih harmonis dan profesional, mungkin singkatan-singkatan gaul yang sering bermunculan di Media Sosial ini harus anda—khusus yang belum tahu. Yang sudah tahu kelaut aja loe!—ketahui. Sebelum nantinya juga bisa anda gunakan.

SINGKATAN GAUL VERSI BAHASA INGGRIS YANG PALING SERING MUNCUL DI MEDIA SOSIAL


1. BTW ( By The Way = Ngomong-Ngomong)


Saya yakin untuk yang satu ini sudah pada tahu. Biasanya BTW ini digunakan pada saat membuka topik pembicaraan yang umumnya dalam dunia Maya. Belakangan kata ini juga sudah menjangkit obrolan di dunia Nyata. Selain itu, kata ini juga sering digunakan untuk membelokkan suatu topik ke topik pembicaraan yang lain. Tidak diperkenankan untuk menikung gebetan orang lain.


2. LOL (Laughing Out Loud = Tertawa Terbahak)


Walaupun sudah sangat familiar, acapkali terjadi gas-gasan di Media Sosial perkara penggunaan kata ini. Tersusun dari huruf El, O, El, seringkali yang tidak tahu artinya menganggapnya sebagai hinaan. Karena mirip kata T*LOL.

3. GWS ( Get Well Soon = Cepat Sembuh )


Terkadang saat berselancar di Media Sosial, kita menemui postingan teman yang sedang sakit, sambil berselfie ria, muka sedikit dimiringkan, dan terbaring di kasur malas. Dengan membumbui postingan tersebut menggunakan caption yang puitisnya maksa banget, intinya teman kita yang seperti ini minta doanya supaya cepat sembuh. Untuk itu, alangkah baiknya kita doakan dia supaya cepat sembuh. Tidak lupa menggosok gigi, eh.......menambahkan kata GWS maksud saya.

4. OOT (Out Of Topic = Keluar Topik)


Sering dikombinasikan dengan tanda tagar (#), biasannya OOT ini sering muncul di time line grup. Baik itu grup Facebook, Whats App, Line, dan lain-lain. Memberitahukan, jikalau postingan yang ditulis setelah OOT ini agak menyimpang dari topik/genre grup yang semestinya. Misalnya, ada Thread Starter atau pengguna Medsos yang cari jodoh dalam grup Jual Beli HP Bekas. Alangkah baiknya menambahkan OOT ini di awal postingan.

5. FYI ( Four Your Information = Sekedar Informasi Saja )


FYI ini juga sering dikombinasikan dengan tagar ya sob! Intinya adalah memberikan informasi kepada sahabat dumay yang lainnya. Supaya apa? Ya...supaya saling mengerti dan tidak salah paham. Semoga kamu bisa ngertiin aku!

6. CMIIW ( Correct Me If I Am Wrong = Betulkan saya, Jika Salah )


Kalau ini, biasanya berada di akhir postingan atau thread. Biasanya juga sering muncul di kolom komentar atau reply. Umumnya juga untuk postingan yang sifatnya informatif atau opini. Lagi-lagi juga sering dikombinasikan dengan tagar, CMIIW ini bisa menetralisir gas-gasan di Media Sosial. Tentu apabiila, di akhir post sudah menambahkan CMIIW ini, dan nyatanya postingan tersebut salah, reaksi netizen lainnya, lebih ke nuturi atau membetulkan. Bukan membully.
Contoh:

“Spongebob warnanya biru. #CMIIW”

Pasti orang lain yang tahu warna sebenarnya Spongebob akan menunjukan warna sebenarnya Sepongebob, yang blas gak ada biru-birunya.

“Maaf kak #FYI aja ya, Spongebob itu warnanya kuning. Dan aku suka warna kuning. Kalau biru itu lagu dangdut yang sempat booming itu, Birunya Cinta". 💙

✔ Ini juga sekaligus contoh penggunaan #FYI ya!

7. IMO atau IMHO ( In Me Opinion/In Me Humble Opinion = Menurut Opiniku)


Untuk kesekian kalinya, kata IMO/IMHO ini juga seringkali dipasangkan dengan tagar. Jadi, tagar sudah punya 4 pasangan ya! Sudah tidak boleh nambah pasangan lagi. Fungsinya untuk mengemukakan pendapat atau opini. Dengan menambahkan singkatan ini, bisa menambah kredibelitas pendapat anda, sebagai pendapat yang woles dan bisa dipertimbangkan.

Selain singkatan-singkatan di atas, masih banyak lagi singkatan dalam bahasa Inggris lainnya. Walaupun dalam penggunaanya tidak sesering yang tersebutkan di atas tadi. Misalnya:

👉 KEPO (Knowing Everithing particular Object = Serba Ingin Tahu Saja)
👉 IYKWIM (If You Know What I Mean = Kalau Kamu Tahu Maksudku)
👉 TFI (Thank For Information = Terimakasih Atas Informasinya)
👉 ATM(At The Moment = Saat Ini)
👉 NP (No Prolem = Tak Masalah)
👉 ASAP (As Son As Possible = Sesegera Mungkin)
👉 AFAIK (As Far As I Know=Sejauh Yang Saya Tahu)
👉 OIS ( Oh, I See = Oh, Saya Tahu)
👉 POV (Point Of View = Sudut Pandang)
👉 YW (You’re Welcome=Sama-Sama)
👉 Dan sebagainya.

SINGKATAN GAUL BAHASA INDONESIA


~> Baper = Bawa Perasaan
~> Maho = Manusia Homo
~> Demez = Dedek Gemez
~> Mahmud = Mamah Muda
~> Japri = Jalur Pribadi
~> Kudet = Kurang Update
~> Mager = Males Gerak
~> DL =  Derita Loe
~> GPL = Ga Pakai Lama
~> Modus = Modal Dusta
~> PHP = Pemberi Harapan Palsu
~> GJ = Gak Jelas
~> Tambahkan Sendiri, Capek Akutu!

Itulah tadi rangkuman beberapa singkatan gaul untuk kebutuhan bermedsos yang lebih profesional dan harmonis. Ada yang kurang? Banyak! Karena kata-kata di dunia ini senantiasa bertambah. Jadi apabila masih banyak kekurangan maafkanlah! 🙏

17 Responses to "Singkatan Gaul Untuk Kebutuhan Bersosial Media"

  1. Huahahahahaaa. anak gaul jaman now emang buanyak banget deh singkatan-singkatan dalam percakapannyaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yha. Sprti itulah kak. Tuntutan zaman, kita juga harus mengikuti
      Hehehe.....

      Hapus
  2. Jadi keinget, kemarin di medsos ada yang heboh gara-gara temennya bilang LOL.
    si dia mikir temennya ngehina dia.
    Padahal itu kan ketawa ngakak. 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.....
      Itu memang banyak terjadi gan.

      Hapus
  3. GOKS! Thanks informasinya bro. Gue akhirnya tau CMIIW!!! wkwkwkw

    BalasHapus
  4. yang belum pernah dipraktekkin tuh yang CMIIW dan baru tahu sekarang kan kepanjangannya juga wkwkwk, secara mau nyebut aja kepanjangan ya hahaha. Tapi kudhu paham sih bahasa gaul ini, supaya kita ga kudet saat diajak ngomong atau saat baca grup yang lagi asyik chat nya. Nah kan walaupun kita bukan anak gaul jaman now, yang penting paham deh biar kekinian juga wkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh kak.
      Tuntutan zaman kudu kita ikuti alurnya. Biar ga kolot kan ya.....

      Hapus
  5. Jadi tahu bahasa gaul nih saya, wkwkwk. TFI :)).

    BalasHapus
  6. Hahahahaa ...
    Itu kamu kok hafal banget istilah2 anak jam now katak gitu 😃 ?.

    Anak gaul kekinian yaaa ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizal ini termasuk anak gaul zaman now ya 😁 ?.
      Kesehariannya pasti fasih ngobrol gunain istilah2 kekinian

      Hapus
    2. Hahaha. Ga juga sih gaan
      .
      Malah seringan pake bhs daerah

      Hapus
  7. CMIIW ( Correct Me If I Am Wrong = Betulkan saya, Jika Salah ),, ini kosa kata baru ini bagiku, yang lainnya sudah biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. cmiiw ini juga sering muncul di sosmed

      Hapus
  8. Nah kan CMIIW! Akhirnya gue tau kepanjangan lu apa HAHA. Senenggg bat, TFI��

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel