Mengenal Text Delight Animation, Fitur Keren yang Ada di Facebook


Belum lama ini, Facebook memang sedang dilanda musibah terkait kebocoran data pribadi para penggunanya. Ramai-ramai para pengguna Facebook—khususnya yang dirugikan—mengampanyekan hijrah dari Facebook, dengan tagar jih00d #deletefacebook. 

Dimungkinkan termotivasi dari tragedi ini, ada oknum jahil yang dengan mudahnya memperdaya sebagian besar pengguna Facebook dengan sebuah postingan yang konyol. Postingan bernada persuasif tersebut, intinya mengajak para pengguna Facebook untuk mengetikkan BFF di kolom komentar supaya dapat memastikan apakah akun Facebook-nya masih perawan atau tidak. Seperti inilah kutipan captionnya:

"Mark Zuckerberg, CEO Facebook, menemukan kata BFF, untuk memastikan akun Anda aman di Facebook. Ketika Bff di komentar, Jika terlihat hijau, akun anda dilindungi. Jika tidak muncul dalam warna hijau, ubah kata sandi anda segera karena mungkin diretas oleh seseorang. #copied."

Akhirnya banyak pengguna Facebook yang menyesaki kolom komentar postingan tersebut—termasuk juga postingan serupa (reupload) dari page-page pengejar likers, agar supaya likers-nya bertambah—dengan BFF. Ada yang memang berubah warna, ada yang tidak, ada yang  kepingin ngakak, tapi takut dosa, dan ada pula para luwak yang memanfaatkan momen ini untuk menyepik cewe-cewe gawl nan bening ketika foto profilnya di zoom in.

Kenyataanya apakah BFF ini bisa mengecek keamanan akun?

Tidak, tidak, dan tidak. BFF sendiri yang merupakan singkatan dari Best Friend Forever, ternyata  hanyalah fitur Text Delight Animation yang telah diluncurkan Facebook sejak september tahun lalu. Fitur Text Delight Animation merupakan cara Facebook agar sebuah tulisan pada status ataupun komentar lebih bervariasi dan berwarna. Makanya jika kita menuliskan BFF baik itu saat update status maupun di kolom komentar, warna tulisan akan berubah. Ada juga yang sama sekali tidak berubah. Itu dikarenakan aplikasi Facebook ataupun browser-nya belum diperbarui. Golongan yang tidak mau memperbarui ini barangkali adalah orang-orang susah move on dan tiada kuasa meninggalkan yang lama. Mungkin?

Text Delight Animation yang diluncurkan Facebook sendiri bukan hanya untuk kata BFF saja. Masih ada banyak spesiaisasi kata atau kalimat lainnya yang juga bisa berubah warna dan juga menimbulkan efek animasi yang berbeda-beda. Melansir dari beberapa sumber, inilah beberapa spesialisasi kata atau kalimat yang bisa memunculkan efek Text Delight Animation.

1. dancing Hands (tarian dua tangan, yang lalu ber toss!1!1!!!)



Seperti yang kita singgung di atas tadi, untuk memunculkan efek animasi ini, bisa dengan mengetikkan “BFF” ataupun “BFFS”.

2. Thumbs Up (Jempol-jempol yang berterbangan)



Untuk bisa memunculkan animasi jempol berterbangan ini, kita perlu menuliskan kata “rad” atau “radness”. Mungkin juga bisa dicoba dengan bahasa lain yang bermakna sama dengan “rad” atau “radness” ini.

3.Rainbow Thumbs Up (jejeran jempol berwarna berbaris-baris)



Setelah saya coba sendiri, sebetulnya jempol yang berbaris-baris ini hanya berwarna hijau dan ungu saja. Tapi tidak tahu kalau orang lain yang mencobanya. Untuk memunculkan efek animasi jempol berbaris layaknya anak pramuka gerak jalan ini, cukup dengan mengetikkan kalimat “you got this”, “you’ve got this”, “you can do it”. Jadi keinget lagu yang liriknya “ayo sebrangilah you can do it! Uwuwu lagunya siapa hayo?

4.Fliying Star (bintang kecil, dilayar hapeku........)



Untuk memunculkan efek bintang kecil ini, coba saja ketikkan kalimat “you’re the best. Setelah saya coba-coba lagi, ternyata kata”mantap” juga bisa memunculkan efek animasi ini lho. Mantap!

5. Colorful Confetti (amiiin.....amiiin....)



Untuk memunculkan animasi kedua tangan menengadah seperti berdo’a ini, bisa dengan mengetikkan kalimat “best whises”. Mungkin juga bisa menggunakan bahasa lain yang bermakna sama dengan “best whises”.

6. Baloons (balonku ada lima, rupa-rupa warnanya.....)



Efek animasi ini yang paling keren. Menurut saya. Karena selain munculnya balon-balon lucu juga ada efek surara wssss...csssssss!!. mirip suara kembang api 500-an yang biasa dijual pada bulan puasa itu. Untuk memunculan efek animasi ini, kita cukup mengetikkan kata “congratulation” ataupun “congrats”. Bisa juga dengan bahasa lain yang bermakna serupa dengan kata “congratulation” ini.

Kata dalam bahasa lainnya untuk mengaktifkan efek animasi balon ini antara lain: ألف, مبروك, تهانينا مبارك, Glückwunsch, Gratuliere, Enhorabuena, Felicitaciones, Félicitations, बधाई , Selamat, Congratulazioni,  おめでとう, 축하해, 축하해요, Мои поздравления, Поздравляем, Поздравляю, ยินดีด้วย, Tebrikler, 恭喜, Geluk, অভিনন্দন, Gratulace!, Til lykke, Tillykke, Συγχαρητήρια, Paljon onnea, Onnea, અભિનંદન, מזל טוב, Gratula, Čestitam, Čestitke, Čestitamo, അഭിനന്ദനങ്ങൾ, ಶುಭಾಶಯ, Tahniah, Grattis, अभिनंदन, ਵਧਾਈਆਂ, Parabéns, Gratki, Gratulacje, Felicitări!, Gratulujem, Blahoželám, Gefeliciteerd, வாழ்த்துகள், வாழ்த்துக்கள், అభినందనలు, مبارکباد, Chúc mừng, , Честитам, Hongera, Свака част, Felicitações, Gratulálok, Gratulálunk, Onnittelut, Μπράβο, gratuluju, gratuluji, gratulujeme, blahopřeju, blahopřeji, blahopřejeme, Tebrik ederim, ขอแสดงความยินดี, おめでとうございます, Complimenti, बधाई हो, शुभकामनाएं, शुभकामनाएँ, Herzlichen, Glückwunsch, Baie geluk, Veels geluk, dan Gratulerer. Silakan dicoba!

7. Hearts (lov yu my lav.....!)



Sebelum BFF mmemabuk kepayangkan netizen, setahu saya kata ini juga sempat booming. Untuk memunculkan efek animasi ini, kita cukup mengetikkan kata “xo” atau “xoxo”.

Juga bisa menggunakan bahasa lainnya yang bermakna serupa antara lain: xoxoxo, peluk, Besos y abrazos, bisou, bisous, baci, 꽁냥꽁냥, Я люблю тебя, Я люблю вас, จุ๊บๆ, จุ๊บจุ๊บ, Öptüm, 么么哒, সোনা, Kys og knus, φιλάκια, puspus, Puszi!, Šaljem poljupce!, ഉമ്മ, ਰੋਮਾਂਸ, Um abraço, pupici, cmuk, Грлим те, dan mahaba.

Saya kira itu. Mungkin masih ada lagi?

O....iya. Ada juga Text Delight Animation yang diluncurkan Facebook namun berbatas waktu. Artinya, tidak bisa memunculkan efek warna dan animasi setiap saat dan setiap waktu seperti yang diatas tadi. Apa sajakah? ini rangkumannya!


1. Sihir Harry Potter


Untuk memunculkan animasi ini, bisa dengan mengetikkan “harry potter”. Maka buuuuum....! akan muncul animasi mirip petir, awan, dan bintang. Namun sepertinya sekarang sudah tidak work lagi.

2. Memperingati Hari Bumi


Animasi ini memunculkan animasi daun-daun hijau dan ada seekor kupu-kupu yang hinggap disana. Untuk memunculkan animasi ini, cukup dengan mengetikkan “happy earth day”. Biasanya bisa dimunculkan saat hari bumi internasional, yaitu setiap tanggal 22 April.

3. Memperingati Hari Ibu


Muncul animasi bunga-bunga yang bertebaran. Diperuntukkan untuk memperingati hari ibu. Bisa dimunculkan dengan mengetikkan “happy mother’s day”. Sudah tahu kan kapan hari ibu? Yaps 22 Desember.



sumber referensi: medium.com/owenyin | spadedesignlab.com | DLL
















6 Responses to "Mengenal Text Delight Animation, Fitur Keren yang Ada di Facebook "

  1. saya dari dulu sebenernya gak begitu suka facebook, tapi stelah dgr berita facebook ada masalah kayal gini saya mlh jadi kasihan sama facebook :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyya brooo. Kasus ini juga masih pro dan kontra.
      Saya sendiri juga lwbih nyaman twitteran drpd facebookan

      Hapus
  2. ada beberapa yang gak work brow

    BalasHapus
  3. Aku baru tahu malam, Mas..he
    Gak begitu aktif banget sih d.facebook. Jadi ya sekedar update itu pun kadang-kadang, udah gitu udah gak mantengin :D

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel