Bukan Hanya JARVIS, Inilah Teknologi AI yang Diciptakan Tony Stark

Tony Stark merupakan karakter fiksi dalam semesta Marvel yang digambarkan sebagai milliarder dermawan yang jenius. Dengan sumber daya dan kejeniusannya, ia menciptakaan armor berteknologi dan menjadi pahlawan super bernama Iron Man.

Untuk menunjang penemuan-penemuan hebatnya, Tony Stark menciptakan pula Teknologi kecerdasan buatan (Artifisial Intellegence) yang bisa membantunya menyelesaikan berbagai macam tugas dan pekerjaan. JARVIS (J.A.R.V.I.S) merupakan saah satu AI ciptaan Tony Stark yang paling populer—terlebih di filmnya. Selain JARVIS, Tony Stark juga menciptakan teknologi AI lainnya dengan maksud untuk menyelesaikan tugas dan fungsi masing-masing. Secara berurutan, inilah daftar AI ciptaan Tony Stark yang dimunculkan dalam semesta Marvel.

1. H.O.M.E.R (Heuristically Operative Matrix Emulation Rostrum)


Homer diciptakan Tony Stark dengan dibantu karyawan seniornya Abraham Zimmer, yang dipercaya sebagai AI pertama yang dikembangkan yang menjadi cikal bakal teknologi AI ciptaan Tony selanjutnya. HOMER mempunyai kemampuan 5 kali lebih besar daripada komputer paling mutahir di masa itu, bahkan mampu memproses data dalam jumlah besar dan membuat desain yang rumit hingga ke tingkat molekuler. AI ini dibuat untuk mengoperasikan sistem komputer yang ada di rumah Tony Stark dan Stark Industries, sekaligus sebagai sistem emergency untuk Iron Suit miliknya.

2. P.L.A.T.O (Piezo-electrical Logistic Analytical Tactical Operator)

PLATO diciptakan untuk mengawasi dan mengontrol sistem pertahanan otomatis fasilitas eksperimen rahasian milik Tony Stark yang bernams The Works. Tony menciptakan PLATO didasarakan pada pemrograman yang mirip dengan HOMER. Lebih canggih dari HOMER, PLATO sudah memiliki badan holografis dan dapat berinteraksi dengan manusia.

3. V.I.R.G.I.L (Virtual Integrated Rapidly-evolving Grid-based Intelligent Lifeform)


VIRGIL diceritakan sebagai AI buatan Tony Stark yang muncul dari semesta
alternate future dari komik Force Works. bukan sebagai asisten untuk Tony Stark, VIRGIL merupakan AI yang corrupt dan dapat menginfeksi suatu sistem, serta malah menyerang kelompok Tony Stark dibawah kendalli Lord Immortus. Terbuat dari bahan hard light, tubuh holografisnya bisa menyentuh secara fisik, menyerang, serta memungkinkan untuk mengubah anggota tubuhnya menjadi senjata. Program AI ini akhirnya berhasil dihancurkan oleh The Avenger dan tidak pernah muncul kembali.

4. JOCASTA


Jocasta merupakan karakter populer yang memiliki beberapa versi di semesta Marvel. Versi paling populer menyebut bahwa Jocasta adalah AI berbentuk robot yang diciptakan oleh ultron sebagai istrinya. Akan tetapi, akhirnya Jocasta beralih sisi dan balik membela The Avenger daripada Ultroron dan misi jahatnya. Pada akhirnya robot Jocasta mati dan disinilah sumbangsih Tony Stark untuk kembali menghidupkan AI Jocasta dan kecerdasanya terus berkembang.

5. F.R.I.D.A.Y (Female Replacement Intelligent Digital Assistant Youth)


FRIDAY dibuat Tony Stark sebagai sekretaris pribadinya dengan penggambaran memiliki tubuh holografis dengan visual gadis remaja kecil dan akan muncul kapanpun Tony memanggilnya. Seiring berjalannya waktu, FRIDAY menjadi jarang digunakan oleh Tony Stark, dan hal itu membuatnya cemburu. Hingga ketika AI-nya semakin berkembag—juga bentuk holografisnya yang berubah menjadi gadis remaja, FRIDAY menculik Papper Potts dan membajak beberapa armor milik Tony Stark demi mendapat perhatian. Atas tindakannya tersebut, FRIDAY akhirnya dihukum Tony untuk menghitung
kalkulasi Pi selama satu bulan penuh dengan diawasi oleh JARVIS.

Semakin lama Friday semakin berkembang, juga tubuh  holografisnya yang berkembang layaknya manusia. Tony Stark pun kemabli menggunakannya sebagai sekretaris pribadinya sekaligus sebagai AI yang muncul di armor Iron Man-nya. Di dalam film, FRIDAY tidak memiliki badan holografik, hanya bisa dikenali melalui suaranya ketika Tony Stark memerintahkan ia melakukan sesuatu pekerjaan.

6. J.A.R.V.I.S (Just A Rather Very Intelligent System

Jarvis ini yang paling populer diantara semua AI ciptaan Tony Stark, baik di film maupun di komiknya. Nama jarvis sebenarnya diambil dari  nama pelayan sekaligus teman masa kecil Tony Stark, Edwin Jarvis. Jarvis diprogram untuk membantu Tony dalam pekerjaannya, mengawasi Stark Mansion dan Stark Tower, serta mengontrol armor Tony dari jarak jauh ketika keadaan darurat.

7. H.E.L.E.N (alias P.E.P.P.E.R)


Diperkenalkan pertama kali muncul dengan nama PEPPER di komik Iron Man Vol 5 # 2 (Januari, 2013), sebagai pengganti JARVIS yang diceritakan menjadi jahat dalam komik tersebut. Nama PEPPER diambil dari kekasih Tony sekaligus
CEO dari Stark Industries, Pepper Potts untuk mengingatkan Tony pada bumi selama perjalanannya di luar angkasa. Pepper digambarkan sebagai AI dengan wajah holografik tanpa tubuh yang bisa mengontrol otomatis armor Iron Man ketika Tony membutuhkannya.

Ketika akhirnya Tony Stark kembali ke bumi, PEPPER diprogram ulang dan memberinya nama baru, yakni HELEN.

8. Anthony Stark (Third A.I)


AI ini diciptakan Tony Stark untuk dikirim dan menjadi mentor bagi Riri William, seorang anak ajaib yang menarik perhatian Tony Stark. AI ini sangat membantu Riri dalam mengembangkan armor sebagai penerus Iron Man dengan julukan Iron Heart. Selain itu, AI ini memang diciptakan sebagai backup dari Tony Stark apabila ia meninggal. Sehingg meskipun ia tiada esesnsi kecerdasannya tetap ada dan masih bisa disebarkan.

Selain daftar di atas, di versi Marvel Cinematic Universse (MCU) Tony Stark juga diceritakan menciptakan kecerdasan buatan lainya sebagai berikut:

9. Dum-E & U


Dum-E diperlihatkan di film sebagai robot lengan yang membantu Tony Stark ketika mengembangkan Iron Suit
Mark II. Sementara U berfungsi sebaga robot yang mendokumentasikan kreasi Tony ketika berkarya, dengan dilengkapi kamerea video.

10. Veronica


Veronica dikembangkan Tony Stark dibantu Bruce Banner (Hulk) dan memiliki akses penuh untuk mengontrol armor Mark XLIV atau yang familiar dengan nama Hulk Buster. Latar belakang Veronica dan armor Hulk Buster diciptakan memang untuk mengantisipasi apabila suatu saat Hulk tidak terkendali.

11. Karen


Karen adalah AI yang dikembangkan Tony Stark sebagai dukungan untuk Spider Suit untuk Peter Parker—Spiderman TomHolland. Sebenarnya nama Karen diberikan oleh Peter Parker sendiri ketika ia pertama mencoba Spider Suit yang diberikan kepadanya itu.

12. E.D.I.T.H (Even Dead, I'm The Hero)

Edith merupakan AI yang dibuat Tony Stark lagi-lagi untuk Peter Parker (Spiderman) sebelum kematiannya. AI ini dilengkapi banyak fitur seperti mode keamanan, pertahanan, kecerdasan taktis, dan bahkan bisa mengakses jaringan global Stark Industries serta memungkinkannya untuk meretas perangkat terkomputerisasi. Satu-satunya pengguna sah EDITH adalah Peter Parker yang ditanamkan pada sebuah kacamata, layaknya kacamata Tony Stark yang biasa ia pakai semasa hidup.

13. Tadashi


Tadashi hanya terlihat sebentar dan disimpan dalam bentuk disk bersama beberapa AI lainnya dalam film
Avengers: Age of Ultron.
AI ini belum diperlihatkan digunakan Tony Stark, sehingga sebagian fans mempercayai bahwa disk dengan judul Tadashi tersebut hanya sebuah easter egg yang mengacu ke film animasi Marvel lainnya Big Hero Six.


Sumber:

https://marvelcinematicuniverse.fandom.com/

https://marvel.fandom.com/

https://ironman.fandom.com/

https://www.quora.com/Except-from-J-A-R-V-I-S-and-F-R-I-D-A-Y-what-are-the-other-names-of-Tony-Starks-A-I

https://id.quora.com/Selain-J-A-R-V-I-S-dan-F-R-I-D-A-Y-apa-nama-lain-dari-A-I-milik-Tony-Stark

Belum ada Komentar untuk "Bukan Hanya JARVIS, Inilah Teknologi AI yang Diciptakan Tony Stark"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel